Maintenance, Service, Repair AC Berkualitas & Bergaransi

Selasa, 08 November 2016

Mengenal Komponen AC Lebih Dekat

     
1 Grille Grille adalah bagian yang terpenting pada sebuah indoor, karena grille adalah sebuah Body dari indoor, yang berfungsi sebagai alat kedudukan dari serangkaian komponen yang ada pada indoor.
     
     
2 Evaporator Adalah perangkat air Conditioner yang terbuat dari lingkaran tembaga yang dililit dengan serpihan aluminium yang berbentuk kisi kisi tipis dan rapat yang berfungsi debagai sarana merubah udara ruangan menjadi dingin karena sirkulasi yang dibantu oleh blower indoor.
     
     
3 Motor Fan Indoor Adalah sebuah Motor AC/DC yang berfungsi menggerakkan blower indoor untuk mendapatkan kecepatan tertentu agar supaya udara diruangan dapat bersirkulasi melalui evaporator.
     
     
4 Blower Indoor Adalah perangkat yang berbentuk bulat sehingga disebut blower yang berfungsi sebagai alat untuk menghempaskan udara ruangan yang dibantu oleh motor fan indoor.
     
     
5
PCB Modul
Adalah alat mikro komputer yang berfungsi untuk memberikan perintah seluruh rangkaian air conditioner
     
     
6 Remote Control Adalah alat untuk mangaplikasikan keinginan kita terhadap ac, yang bersingkronisasi dengan Module AC
     
     
7 Thermistor Adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai sensor udara untuk menganalisa kedinginan ruangan dan menganalisa kedinginan supply outdoor.
     
     
8 Capasitor Fan Adalah sebuah alat untuk membantu start motor fan indoor , untuk ac model baru biasanya sudah dirangkai pada Modul/PCB
     
     
9 Filter Udara Adalah alat yang berfungsi sebagai penyaring kotoran yang yang berada diruangan sebab sirkulasi dari indoor, sehinggan sangat menbantu kebersihan ruangan.
     
     
10 Bodi Outdoor Adalah seng atau plastik yang berfungsi sebagai alat untuk tempat tersusunnya dari seluruh rangkaian outdoor
     
     
11 Compressor Merupakan alat yang paling Vital dalam sebuah rangkaian Air Conditioner dimana kompressor merupakan alat yang berfungsi sebagai sarana untuk mensirkulasi Gas freon dari indoor ke outdoor dan sebaliknya dimana sirkulasi tersebut terdapat proses gas freon dari Liquid mendadi Gas dan sebaliknya sehingga mendapatkan pengembunan yang cukup dan itulah disebut proses pendinginan.
     
     
12 Condensor Adalah alat yang mempunyai struktur yang sangat mirip dengan Evaporator namun berfungsi untuk memanaskan gas refrigerant dengan suhu tertentu sebagai sarana proses pendinginan dibantu dengan kecepatan tertentu sebuah motor fan outdoor dan daun fan outdoor.
     
     
13
Accumulator
Sebagai penampung sementara refrigerant cair bertemperatir rendah & campuran minyak pelumas evaporator. Selain itu juga berfungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refrigerant agar bisa keluar masuk melalui saluran yg terdapat pada bagian atas accumulator menuju bagian atas kompressor. Untuk mencegah refrigerant cair tidak masuk ke kompressor, accumulator mengkondisikan refrigerant dlm wujud gas sehingga lebih mudah masuk kedalam kompressor & tidak merusak bagian dalam kompressor
     
     
14 Capasitor Compressor Berfungsi sama dengan capasitor pada indoor, tetapi mempunyai toleransi lebih tinggi dibanding dengan capasitor fan indoor maupun fan outdoor disesuakian dengan berapa besar kapasitas kompressornya dan berlaku untuk kompressor yang menggunakan arus 1 phase/single phase.
     
     
15 Motor Fan Outdoor Berfungsi sebagai alat starting Motor Fan Outdoor
     
 
 
 
16 Capasitor Fan Outdoor Berfungsi sebagai alat starting Motor Fan Outdoor
     
     
17 Pipa Kapiler Alat yang berfungsi untuk memproses Gas menjadi Liquid sehingga terjadi pengembunan.
     
     
18 Filter Dryer Sesuai namanya dia berfungsi sebagai fiter/penyaring kotoran yang mungkin ada dalam system.
     
     
19 Strainer  Strainer / saringan merupakan komponen yg berfungsi menyaring kotoran yg terbawa oleh refrigerant di dalam sistem AC. Jika komponen ini mengalami kerusakan maka kotoran akan lolos & menyumbat pipa kapiler.
 
 
 
     
20 Kran Refrigerator Outdoor Sebagai alat untuk menahan Gas Refrigerant di dalam kompressor sebelum ac terpasang dan berfungsi juga sebagai sarana untuk vacoomdown.
     
     
21 Overload Adalah alat otomatis kompressor yang bekerja sebagai kontrol bilamana kompressor terlampau panas dan bilamana konsumsi listrik sudah naik dan tidak sesuai dengan kapasitas kompressor
     
     
22 Refrigerant Bahan pendingin / Refrigerant merupakan suatu zat yg mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair ataupun sebaliknya. Dalam sistem AC refrigerant bekerja menyerap panas dari ruangan & bersirkulasi secara terus menerus melewati komponen utama AC ( Kompressor, Kondensor, pipa kapiler & evaporator ). Selama tidak mengalami kebocoran maka jumlah Refrigerant tidak akan berkurang.
     

0 komentar:

Posting Komentar